Ciwangun Bandung

Ciwangun yang terletak di Bandung, Jawa Barat didukung oleh lahan seluas 22 Ha, dengan ketinggian 1000 m diatas permukaan laut, yang meliputi : areal Hutan Pinus, Perkebunan Teh, Sungai, Perbukitan, Danau Buatan, Air Terjun, serta fasilitas fasilitas pendukung lainnya. 





Kampung Caringin

Kampung Caringin adalah tempat yang menarik bagi orang yang gemar berkegiatan di alam terbuka. Di areal seluas 5 HA yang eksklusif. Bagi anda penggemar olahraga mancing, tersedia kolam ikan lengkap dengan peralatan pancingnya. Bagi yang suka bermain bola, tersedia lapangan untuk sepakbola. Bagi yang hobby trakking, ada jogging track yang menarik untuk dicoba. Dan bagi yang suka paint ball, tempat ini cukup tepat untuk arena permainan..

















Experiential Learning

Experiential Learning?


  "Experiential learning adalah proses belajar mengajar yang menggabungkan pengalaman langsung yang bermakna kepada seseorang dipandu dengan refleksi dan analisis. Hal ini membuat seseorang focus untuk aktif dalam mengambil kesempatan serta inisiatif, tanggung jawab dalam mengambil keputusan. Ini adalah pendekatan holistik untuk pembelajaran yang menghubungkan kepala dengan tubuh, hati, semangat, dan jiwa. Tradisional akademis pendekatan untuk fokus pendidikan terutama pada pengembangan intelektual individu sementara metode pendidikan pengalaman fokus pada keseluruhan pribadi "(Kolb)

Apakah siklus Experiential Learning?


  Hanya sedikit orang yang belajar dengan baik melalui pendekatan teoritis dan ceramah saja. Itulah mengapa kita memanfaatkan proses Experiential Learning.
Apa yang kita maksud dengan itu? Lihatlah Siklus Experiential Learning di bawah ini.

Experiential Learning


Jika Anda melihat lingkaran, Anda akan menemukan bahwa ini adalah usaha untuk bergabung bersama pengalaman nyata hidup dengan akuisisi pengetahuan teoritis. Sayangnya, belajar yang paling formal saat ini berkonsentrasi terutama pada perolehan pengetahuan. Sisa siklus berurusan dengan kehidupan nyata diabaikan.

Dalam proses pembelajaran pengalaman, peserta tidak boleh lebih dari beberapa menit dari mencoba konsep baru dalam simulasi atau percobaan dan tidak lebih dari setengah hari jauh dari memanfaatkan dalam situasi kehidupan nyata. Bahkan proses belajar adalah sama pentingnya dengan informasi yang dipelajari.
  Anda akan melihat empat tahap siklus ini tercermin dalam model ini. Siklus hampir selalu dimulai di bagian atas dengan Pengalaman. Kami tertarik dalam semua pengalaman bahwa setiap orang akan memiliki apakah di rumah, sekolah, dengan teman-teman ... atau pada saat-saat pertemuan program ini. Kurikulum ini mendorong kita untuk berpindah dari pengalaman untuk Refleksi. Ini adalah tahap pembekalan ketika kita bertanya tentang apa yang telah terjadi kepada kita dalam pengalaman kita. Dari pertanyaan-pertanyaan ini kita dapat mulai merumuskan pembelajaran dan konsep baru. Ini adalah tahap Insight. Dari titik ini kita bergerak secara alami untuk Aksi ... menempatkan pembelajaran baru untuk menguji. Hal ini kemudian memberikan tambahan dan siklus Pengalaman terus di.


Apa peran saya sebagai seorang faciliator?

  •     aman, hangat, menerima atmosfer, menantang
  •     menghormati pengetahuan setiap orang, pengalaman dan keahlian
  •     yang tidak bersalah, tekanan rendah lingkungan belajar
  •     pemahaman bahwa belajar adalah sebuah perjalanan
  •     kualitas kepemimpinan hamba

Apa fasilitator yang efektif terlihat seperti?
 
  •     Pembelajar berpusat lebih dari guru berpusat
  •     Mempercayai (proses dan peserta didik)
  •     Kemampuan untuk berurusan dengan ambiguitas dan ketegangan proses
  •     Ramah, fleksibel, terbuka, mendengarkan dengan penuh perhatian, menjelaskan dengan jelas,
  •     Terampil pengamat, meminta pemikiran pertanyaan
  •     Beberapa ukuran dari pengungkapan diri yang sesuai
  •     Sadar menghilangkan stereotip dan bias
  •     Terbuka dan jujur
  •     Kompeten dan sensitif dalam keterampilan komunikasi
  •     Menanggapi komentar positif pembelajar
  •     Perhatian, ekspresif, antusias, jelas, dan terorganisir
  •     Menampilkan kepentingan pribadi dalam pembelajar
  •     Nyaman dengan kesalahan ... diam

Apakah latihan pengalaman sama dengan game?

  Tidak ... permainan untuk energi tinggi, menyenangkan dan orang-orang terlibat. Jika mereka membosankan atau un-menyenangkan maka mereka tidak berhasil. Latihan pengalaman membawa kita ke dalam pengalaman yang dirancang untuk belajar melalui pengalaman debriefing dan mengumpulkan wawasan untuk tindakan di masa depan.

Sering kali, latihan pengalaman memiliki semua kualitas terbaik dari permainan yang baik (energi yang tinggi, menyenangkan, orang keterlibatan) tapi kadang-kadang mereka tidak. Kadang-kadang latihan pengalaman menyebabkan beberapa tingkat stres dan ini bisa tidak nyaman bagi orang-orang, tapi ... ia menciptakan lingkungan terbaik untuk belajar yang nyata. Perbedaan lain adalah bahwa permainan sangat tugas / berorientasi tujuan. Mereka cenderung untuk menjadi kompetitif dan biasanya ada pemenang dan pecundang. Latihan pengalaman dirancang untuk menekankan pengalaman itu sendiri bukan tujuan menyelesaikan tugas.

Jadi ... jangan khawatir tentang apakah orang "seperti" pengalaman .. atau apakah mereka menyukai Anda untuk hal itu. Tugas Anda adalah untuk memfasilitasi belajar ... untuk tidak membuat semua orang senang sepanjang waktu. Jangan pergi untuk kompetisi dan pencapaian tujuan .. belajar untuk menjadi seorang pengamat dari proses. Carilah apa yang bisa dipelajari melalui apa pun yang terjadi ... terencana atau tidak.

 Sumber : http://www.olagroup.com/Display.asp?Page=experiential_learning

Outbound Jakarta

Buperta ragunan merupakan salah satu lokasi outbound di jakarta, karena lokasi yang dekat pusat jakarta Buper ragunan bisa menjadi alternatif kegiatan outbound anda. Selain di Buper Ragunan ada juga Buper Cibubur yang sudah tak asing lagi untuk dijadikan kegiatan Outbound. Outbound di Jakarta memnag dapat dijadikan lokasi jika tidak ingin jauh ke Luar Kota, karen Buper Ragunan, dan juga Buperta Cibubur masih banyak memiliki Pohon Rindang, yang dapat mendukung aktifitas Outbound jakarta.
Kami Acktion outbound siap menjadi Provider Outbound untuk acara anda.


Jika anda ingin mengadakan outbound di Jakarta maka kami ada beberapa Referensi Tempat outbound sekitar Jakarta.

  1. Outbound Tanah Tingal, Ciputat
  2. Outbound Situ Gintung, Tangerang
  3. Buperta Cibubur, CIbubur
  4. Buperta Ragunan, Jakarta Selatan
  5. Buni Ropes Camp, Tangerang Selatan

Jika anda ingin mengadkan Outbound di tempat-tempat tersebut silakan kontak marketing kami untuk kami kirimkan penawaran serta Foto-foto Lokasi Outbound di Jakarta.

Wisata Outbound

Wisata Outbound
Wisata Outbound dapat menjadi alternatif liburan keluarga, selain dapat games-games menarik keluarga pun akan mendapatkan pengalaman yang lar biasa. Beda jika waktu wisata keluarga hanya di gunakan untuk jalan-jalan saja, akan lebih menarik jika di selingi dengan permainan-permainan outbound.
Ada beberapa permainan outbound yang sangat menarik untuk mengisi liburan Anda, diantaranya Flying Fox, ATV, Paintball, dll.
Maka liburan anda beserta keluarga akan lebih menyenangkan.

Program Outbound

Program Outbound kami terdiri dari :

1.      Personal Effective Program.
                 Program pengembangan diri agar peserta pelatihan menjadi pribadi yang efektif. Dengan mengenali kekuatan dan kelemahan pribadi, serta berorientasi pada pola pikir prestatif dan memiliki passion yang tepat pada perusahaan.
2.      Effective Team Building Program.
                 Program pelatihan agar karyawan menjadi "Team Player' yang handal. Saling ketergantungan, kerjasama, pentingnya komunikasi dan membangun suatu tim yang kompak adalah tujuan dari pelatihan ini.
3.      Problem Solving Program.
                 Program pelatihan agar karyawan peka terhadap pekerjaannya sehingga dapat segera memberikan cara-cara sollutif terhadap permasalahan yang muncul dalam Perusahaan. Menjadikan Karyawan terbiasa dengan tantangan, creative dalam bekerja, serta berperan sebagai problem solving bukan problem maker.
4.      Sinergi Programming.
                 Program ini mengedepankan kepada tujuan efisiensi perusahaan. Karyawan / SDM dilatih untuk sama-sama rasa kepemilikan perusahaan bukan sekedar robot yang bekerja dan mendapatkan gaji semata. Sehingga pelatihan terhadap pegembangan perusahaan diajarkan kepada Karyawan baik secra diskusi maupun Experimental Learning.  
5.      Quality Leadership Program
                 Program pelatihan ini mengasah jiwa kepemimpinan yang terdapat pada diri peserta. Permasalahan-permasalahan yang ada perlu dihadapi oleh peserta dengan pengambilan keputusan yang berkualitas. Kepercayaan diri, kemampuan untuk memimpin kelompok, kemandirian dan kemampuan untuk mengayomi dari para peserta akan digali dan dipelajari sebagai suatu bekal dalam kepemimpinan mereka di kehidupan sehari-hari.
6.      Adventure Challance Program
                 Program Petualangan Alam   yang didesain dengan tingkat tantangan yang tinngi seperti Paint Ball : merancang pertempuran layaknya serdadu perang, didesain sedemikian hingga peserta benar-benar merasakan bagaimana  bertempur menggunakan peluru cat. White Water Rafting : atau dikenal sebagai arung jeram, menyusur sungai dengan jeram bervariasi. Diving –snorkling : melakukan penyelaman untuk melihat dari dekat bentang alam bawah laut berikut ekosistemnya. Jungle Trekking: melakukan perjalanan di hutan dengan panduan guide terlatih
7.      Gathering plus-plus
                 Merupakan suatu bentuk wisata di alam terbuka yang dirancang dalam suasana rekreasi, santai dan gembira dengan muatan edukatif untuk saling lebih mengenal, meningkatkan solidaritas, silaturrahmi, kekompakkan maupun menanamkan budaya suatu organisasi atau perusahaan. Gathering Plus-plus dapat berupa acara kumpul bersama, reuni, arisan maupun ulang tahun yang dikemas dengan paket permainan edukatif dan kreatif.
8.      Knowledge Managemnet
                 Adalah kemasan pendistribusian sejumlah pengetahuan yang akan menjadi pembelajaran bersama. Knowledge Management ini telah diformulasikan sebagai sumber pengetahun bersama dan dapat di implementasikan dengan makna “berguru pada alam” Program ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan, instansi dan sekolah-sekolah unggulan kota.

9. Consultant and Trainer Experiental Personality
                 Acktion Outbond memiliki beberapa tenaga ahli yang bisa saja dapat dimanfaatkan secara personal apabila di butuhkan. Tenaga ahli brupa konsultan mengenai SDM yang terdapat pada PT.BSK (Bengkel Sharing Knowledge). Consultant  and Trainer Experiental menerima segala keluhan dan permasalahan perusahaan mengenai SDM dan siap membantu serta memberikan solusi efektif.

BUPERTA RAGUNAN

Bumi Perkemahan (Buper) Ragunan Yang terletak di Jakarta Selatan memiliki areal yang cukup luas untuk berkemah (camping), acara keluarga (family gathering), outbond sederhana, dan berbagai kegiatan outdoor lainnya. Selain areal perkemahan, Buper Ragunan juga menyediakan fasilitas aula terbuka ukuran kecil, sedang, dan besar. Lokasi ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti MCK dan musholla.









Global Edu Camp

Tempat Oubound ini sangat cocok untuk kegiatan-kegiatan Pelatihan, Petualangan dan Wisata Desa. Karena bentangan alamnya yang berfariasi dengan spot-spot area yang menarik seperti, Air Terjun, Sungai Besar berbatu dan berair jernih, Persawahan, karena terletak di kaki Gunung Salak yang masih terjaga ke asrian alamnya.
Fasilitas :
1. Arena Outdoor Training ( Outbound )
2. Camping Ground ( Standar Cottage )
3. Kafe Bernuansa Alam
4. Lahan Parkir( max.Bus 3/4 )
5. Listri
7. MCK